Sunday, May 11, 2014

COSTCO WHOLESALE IN 2012: MISSION, BUSINESS MODEL, AND STRATEGY

SUMMARY CASE 2
COSTCO WHOLESALE IN 2012: MISSION, BUSINESS MODEL, AND STRATEGY
By Arthur A. Thompson, the University of Alabama
Sejarah
            Costco merupakan perusahaan wholesale yang didirikan oleh Jim Sinegal (CEO of Costco Wholesale) dan seorang wirausahawan asal Seattle Jeff Brotman (chairman of Costco’s board of director), dan beroperasi di Seattle pada tahun 1983. Sinegal mendirikan Costco berdasarkan pengalamannya selama bekerja di Price Club, dengan kata lain bisnis Costco idenya berawal dari Price Club yang didirikan oleh Sol Price. Kemudian pada Desember 1985 Costco menjadi perusahaan terbuka dan menjual sahamnya dan meningkatkan modalnya.
Misi, Bisnis Model, dan Strategi Costco
            Dari artikel disebutkan bahwa misi Costco adalah “to continually provide our members with quality goods and services at the lowest possible prices”. Tetapi menurut ketiga top eksekutif management (Jeff Brotman, Jim Sinegal, dan Craig Jelinek) misi Costco yg lebih luas adalah “the company will continue to pursue its mission of bringing the highest quality goods and services at market as the lowest possible prices while providing excellent consumer services and adhering to a strict code of ethics that includes taking care our employees and members, respecting our suppliers, rewarding our shareholders, and seeking to be responsible corporate citizens and environmental stewards in our operation around the world.”
            Strategi yang dilakukan Costco antara lain:
a.       Product Selection, dengan strategi barang dagangan yang disediakan untuk para member dengan pilihan sekitar 3.600 item, yang 85% -nya merupakan produk bermerek dan berkualitas kemudian 15% sisanya merupakan produksi dari perusahaan sendiri dengan merek Kirkland Signature.
b.      Treasure-Hunt Merchandising, dengan menyediakan barang-barnag tertentu (high-end or name-brand product) yang kemudian dijual dengan harga yang lebih murah dari biasanya, sehingga para member akan mencari-cari kapan Costco akan memberikan discount yang besar untuk item yang mereka incar.
c.       Low Cost Emphasis, dengan menjaga biaya operasi seminimum mungkin agar mendapatkan harga yang murah.
d.      Growth Strategy, digunakan untuk meningkatkan penjualan pada toko-toko yang ada sebesar 5 persen atau lebih per tahun dan untuk membuka gudang tambahan, baik domestic maupun internasional.
            Dikenalnya Costco sebagai penjual yang menyediakan barang lengkap dengan harga yang murah, selain itu dengan metode treasure-hunt- nya menjadikan alat untuk iklan yang luas atau kampanye penjualan. Selain dengan memberikan kupon setiap bulan untuk membernya, dan email mingguan melalui Costco.com, surat langsung, maupun penawaran langsung kepada para pelanggannya, berlakunya pemasaran dari mulut ke mulut pun sangat efektif bagi Costco.
            Penjualan melalui website dilakukan pada dua website yaitu www.costco.com untuk di Amerika dan www.costco.ca untuk di Kanada, kedua website tersebut memudahkan member untuk melakukan transaksi secara online.
            Distribusi dan rantai pasok dilakukan dengan mengambil barang langsung dari pabrik, mengirimkan secara langsung ke toko-toko gudang atau ke salah satu perusahaan cross-docking depot yang berfungsi sebagai titik distribusi untuk toko-toko terdekat. Costco memiliki hubungan pembelian langsung dengan banyak produsen dari berbagai merek barang nasional dan dengan pabrik-pabrik yang mensuplai produk Kirkland Signature. Costco tidak memberikan presentase khusus bagi salah satu supplier untuk persediaannya, sehingga membuka kesempatan untuk selalu menambah produk dari pabrik dengan kualitaas terbaik maupun dari vendor lain.
            Costco’s membership base dan member demographic, banyak anggota dari Costco yang merupakan warga kota yang berkecukupan dan tinggal di lingkungan yang baik tidak jauh dari lokasi Costco. Costco memiliki dua tipe keanggotaan yaitu Business dan Gold Star. Business untuk individu yang memiliki ijin bisnis, ijin retail, atau memiliki bukti lain mengenai keberadaan bisnisnya. Kemudian Gold Star keanggotaannya untuk individu yang tidak memiliki kualifikasi keanggotaan Business.
            Kita mengetahui bahwa system penjualan Costco adalah dengan system pergudangan sehingga manajemen pergudangan sangatlah penting dalam bisnisnya. Seorang menejer pergudangan di Costco harus mampu mengontrol segala operasi di toko. Mereka juga bertanggung jawab atas ide baru apa yang akan dijadikan item terbaru untuk produk treasure-hunt, dan untuk memaksimalkan penjualan dan turn-over yang cepat.
            Biaya untuk gaji karyawan lebih kecil dibanding perusahaan sejenis, karena jam operasional Costco yang lebih pendek. Tetapi banyak bentuk kompensasi dan keuntungan yang diberikan perusahaan kepada para karyawannya sehingga karyawan Costco merasa senang dalam bekerja sehingga kinerja, produktifitas, dan loyalitas mereka pun tinggi. Sebagian besar posisi manajer tingkat atas dalam perusahaan berasal dari rekruitmen secara internal, meskipun Costco juga bersifat terbuka bagi pelamar-pelamar dari luar yang memang memilki potensi dalam bidang retailer, asalkan mereka mau memulai segala sesuatunya dari bawah seperti memulai dengan mengatur trolly belanja.
            Filosofi bisnis, nilai-nilai, dan kode etik Costco seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu dengan, obey the law, take care of our member, take care of our employee, respect our suppliers, dan reward our shareholder. Bentuk tanggung jawab Costco pun tidak luput dengan kepeduliannya tehadap lingkungan dan berusaha menjalankan bisnisnya agar ramah lingkungan.
            Persaingan yang dihadapi Costco dengan Sam’s Club dan BJ’s Wholesale yang memiliki model bisnis yang hampir sama. Dari aspek pembentukan pelanggan, Sam’s Club dan BJ’s Wholesale menawarkan biaya pendaftaran pelanggan dan klasifikasi pelanggan yang lebih baik. Meskipun Costco dalam bisnis Wholesale masih memegang 53% pangsa pasar yang tersedia, tetapi perlu diperhatikan adanya pesaing-pesaing lainnya.
            Keunggulan Costco dibanding yang lainnya dikarenakan banyak fitur dan strategi yang berbeda dari kebanyakan wholesaler. Namun tetap harus melakukan perbaikan dan inovasi agar dapat tetap terjaga eksistensinya, serta mampu memberikan pelayanan terbaik dan memenuhi kebutuhan bagi para pelanggannya.

No comments:

Post a Comment