SUMMARY
CASE 2
COSTCO WHOLESALE IN 2012: MISSION,
BUSINESS MODEL, AND STRATEGY
By
Arthur A. Thompson, the University of Alabama
Sejarah
Costco merupakan perusahaan
wholesale yang didirikan oleh Jim Sinegal (CEO of Costco Wholesale) dan seorang
wirausahawan asal Seattle Jeff Brotman (chairman of Costco’s board of
director), dan beroperasi di Seattle pada tahun 1983. Sinegal mendirikan Costco
berdasarkan pengalamannya selama bekerja di Price Club, dengan kata lain bisnis
Costco idenya berawal dari Price Club yang didirikan oleh Sol Price. Kemudian
pada Desember 1985 Costco menjadi perusahaan terbuka dan menjual sahamnya dan
meningkatkan modalnya.
Misi, Bisnis Model, dan Strategi
Costco
Dari artikel disebutkan bahwa misi
Costco adalah “to continually provide our
members with quality goods and services at the lowest possible prices”.
Tetapi menurut ketiga top eksekutif management (Jeff Brotman, Jim Sinegal, dan
Craig Jelinek) misi Costco yg lebih luas adalah “the company will continue to pursue its mission of bringing the highest
quality goods and services at market as the lowest possible prices while
providing excellent consumer services and adhering to a strict code of ethics
that includes taking care our employees and members, respecting our suppliers,
rewarding our shareholders, and seeking to be responsible corporate citizens
and environmental stewards in our operation around the world.”
Strategi yang dilakukan Costco
antara lain:
a. Product Selection,
dengan strategi barang
dagangan yang disediakan untuk para
member dengan pilihan sekitar 3.600
item,
yang 85% -nya merupakan produk bermerek dan berkualitas kemudian 15% sisanya
merupakan produksi dari perusahaan sendiri dengan merek Kirkland Signature.
b. Treasure-Hunt Merchandising,
dengan menyediakan barang-barnag tertentu (high-end or name-brand product) yang
kemudian dijual dengan harga yang lebih murah dari biasanya, sehingga para
member akan mencari-cari kapan Costco akan memberikan discount yang besar untuk
item yang mereka incar.
c. Low Cost Emphasis,
dengan menjaga biaya operasi seminimum mungkin agar mendapatkan harga yang
murah.
d. Growth Strategy,
digunakan untuk meningkatkan penjualan pada toko-toko yang ada sebesar 5 persen atau lebih per tahun dan untuk membuka
gudang tambahan, baik domestic maupun internasional.
Dikenalnya Costco sebagai penjual
yang menyediakan barang lengkap dengan harga yang murah, selain itu dengan
metode treasure-hunt- nya menjadikan
alat untuk iklan yang luas
atau kampanye penjualan. Selain dengan memberikan kupon setiap
bulan untuk membernya, dan email mingguan melalui Costco.com, surat langsung,
maupun penawaran langsung kepada para pelanggannya, berlakunya pemasaran dari
mulut ke mulut pun sangat efektif bagi Costco.
Penjualan melalui website dilakukan pada
dua website yaitu www.costco.com
untuk di Amerika dan www.costco.ca
untuk di Kanada, kedua website tersebut memudahkan member untuk melakukan
transaksi secara online.
Distribusi dan rantai pasok
dilakukan dengan mengambil barang langsung dari pabrik, mengirimkan secara langsung ke toko-toko gudang atau ke salah satu
perusahaan cross-docking
depot yang berfungsi sebagai titik distribusi untuk toko-toko terdekat. Costco memiliki hubungan pembelian
langsung dengan banyak produsen dari berbagai merek barang nasional dan dengan
pabrik-pabrik yang mensuplai produk Kirkland Signature. Costco tidak memberikan
presentase khusus bagi salah satu supplier untuk persediaannya, sehingga
membuka kesempatan untuk selalu menambah produk dari pabrik dengan kualitaas
terbaik maupun dari vendor lain.
Costco’s membership base dan member
demographic, banyak anggota dari Costco yang merupakan warga kota yang
berkecukupan dan tinggal di lingkungan yang baik tidak jauh dari lokasi Costco.
Costco memiliki dua tipe keanggotaan yaitu Business
dan Gold Star. Business untuk
individu yang memiliki ijin bisnis, ijin retail, atau memiliki bukti lain
mengenai keberadaan bisnisnya. Kemudian Gold Star keanggotaannya untuk individu
yang tidak memiliki kualifikasi keanggotaan Business.
Kita mengetahui bahwa system
penjualan Costco adalah dengan system pergudangan sehingga manajemen pergudangan
sangatlah penting dalam bisnisnya. Seorang menejer pergudangan di Costco harus
mampu mengontrol segala operasi di toko. Mereka juga bertanggung jawab atas ide
baru apa yang akan dijadikan item terbaru untuk produk treasure-hunt, dan untuk
memaksimalkan penjualan dan turn-over
yang cepat.
Biaya untuk gaji karyawan lebih
kecil dibanding perusahaan sejenis, karena jam operasional Costco yang lebih
pendek. Tetapi banyak bentuk kompensasi dan keuntungan yang diberikan
perusahaan kepada para karyawannya sehingga karyawan Costco merasa senang dalam
bekerja sehingga kinerja, produktifitas, dan loyalitas mereka pun tinggi. Sebagian
besar posisi manajer tingkat atas dalam perusahaan berasal dari rekruitmen
secara internal, meskipun Costco juga bersifat terbuka bagi pelamar-pelamar
dari luar yang memang memilki potensi dalam bidang retailer, asalkan mereka mau
memulai segala sesuatunya dari bawah seperti memulai dengan mengatur trolly
belanja.
Filosofi bisnis, nilai-nilai, dan
kode etik Costco seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu dengan, obey the law, take care of our member, take care of our employee, respect our
suppliers, dan reward our shareholder.
Bentuk tanggung jawab Costco pun tidak luput dengan kepeduliannya tehadap
lingkungan dan berusaha menjalankan bisnisnya agar ramah lingkungan.
Persaingan yang dihadapi Costco
dengan Sam’s Club dan BJ’s Wholesale yang memiliki model bisnis yang hampir
sama. Dari aspek pembentukan pelanggan, Sam’s Club dan BJ’s Wholesale
menawarkan biaya pendaftaran pelanggan dan klasifikasi pelanggan yang lebih
baik. Meskipun Costco dalam bisnis Wholesale masih memegang 53% pangsa pasar
yang tersedia, tetapi perlu diperhatikan adanya pesaing-pesaing lainnya.
Keunggulan Costco dibanding yang
lainnya dikarenakan banyak fitur dan strategi yang berbeda dari kebanyakan
wholesaler. Namun tetap harus melakukan perbaikan dan inovasi agar dapat tetap
terjaga eksistensinya, serta mampu memberikan pelayanan terbaik dan memenuhi
kebutuhan bagi para pelanggannya.
No comments:
Post a Comment